30

Jul 12

Melihat Venus dan Jupiter

Anda tertarik mengamati 2 anggota tata surya kita selain bulan?. Beberapa hari terakhir selepas matahari terbenam, Venus dan Jupiter sedang mudah sekali diamati. Katakanlah anda keluar rumah, kemudian langit cerah, maka akan ada penampakan keduanya yang cemerlang. Anda akan secara mudah menemukannya. Venus dan Jupiter ini akan tampak saat anda menghadap arah barat, tidak perlu mendongak terlampau tinggi. Sekitar jam 19. 30 Wita saja, kecemerlangan itu masih berlangsung.

Venus kalau di kalangan orang sering juga disebut Bintang Kejora. Merupakan planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Diameter planet Venus sekitar 12.140 km. Jarak dari Bumi dari beberapa referensi menyebutkan sekitar 42 juta Km. Venus ini tetangga Bumi terdekat setelah Bulan. Kemudian Jupiter,merupakan planet terbesar di tata surya kita, diameter sekitar 142.600 km. Jaraknya dari Bumi pernah 368 juta mil, kalau tidak salah sekitar September 2010 yang lalu. Dan itu jarak terdekat selama 50 tahun terakhir. 

Mengapa jarak bisa berubah?, ini mengingat orbit benda-beda langit tersebut dalam mengelilingi Matahari sebagai pusat tata surya kita. Ada periode dimana mereka dekat, ada pula periode mereka jaraknya jadi jauh. Orbit ini kalau digambarkan, akan tergambarkan sebagai bidang elips. Sayangnya senimanpeta.com belum ada peralatan madai untuk melakukan observasi visual dengan lebih baik.