30

Jul 12

Seberapa baik anda mengenal (peta)? – 3 – tamat

Kilas balik dari cerita panjang lebar dibagian sebelumnya. Saya sudah memberikan gambaran singkat perkembangan peta, dari sisi perkembangan teknologinya dibagian (1). Kemudian penerapan didalam peralatan yang dapat diakses sehari-hari. Kemudian saya di tulisan bagian (2) sebenarnya mengajak melihat lebih dalam esensi informasi keruangan dan penggunaannya secara sederhana saja. Patokan pertama adalah arah, kedua adalah jelas dan yang ketiga adalah informasi itu dikemas dengan sederhana. Baiklah, saya ingin merangkumnya pada bagian ini.

Sesungguhnya apa yang dapat dijadikan parameter seberapa baik ada mengenal peta?. Seberapa baik anda mengenal ruang yang ada disekitar anda sendiri?. Dalam hal ini saya tidak ingin menjawab disertai data-data akademik atau science. Saya ingin berpijak pada hal praktikal saja. Untuk mengetahuinya seberapa baik anda mengenal peta dan ruang disekitar anda sangat sederhana, yaitu dari kemampuan anda mendiskripsikan ruang ketika ada orang bertanya kepada diri anda sendiri. Seberapa detil, seberapa jelas anda memberikan gambaran itu kepada orang yang bertanya, itulah sebenarnya. Tidak berhenti sampai disini. Sempurnanya lagi adalah orang yang anda berikan gambaran serta penjelasan tersebut mengerti.

Anda boleh tahu banyak mengenai suatu daerah, bahkan katakan sampai jalan-jalan tikusnya, namun ketika ada orang bertanya suatu jalan utama saja, keterangan anda tidak sanggup membuat jelas kepada orang itu, maka anda belum berhasil, belum baik menguasai ruang, belum baik mendiskripsikan informasi keruangan. Dalam pemahaman saya ukuran ini ada skalanya. Yaitu dari tingkat biasa-biasa sampai saya menyebutnya canggih. Sebab, kalau benar-benar cangih, orang yang tidak tahu arah, bingung arah, ketika bertemu anda, anda bisa menjelaskan secara tepat, sederhana, jelas hingga ketidak tahuan arah, kebingungan arah itu sirna. Orang itu dengan mengikuti petunjuk anda tersebut, sampai ditujuan. Ini baru jago. Terserah, anda dalam memberikan informasi itu dengan coretan-coretan denah atau hanya dengan kata-kata, tidak menjadi soal.

Jadi, seberapa baik anda dalam hal ini ?. Simpan jawaban itu dalam benak anda masing-masing. Saya tidak akan menilai anda, saya lebih baik menilai diri saya sendiri saja. Karena sejatinya kemampuan ini akan diuji keadaan. Keadaan dimana secara tidak disangka-sangka ada orang yang kebingungan, bertanya arah menuju suatu lokasi, datang menemui anda. Seberapa baik anda akan terlihat disitu.