20

Mar 13

Akurasi dan Presisi

Dalam bahasa sederhana, akurasi dalam Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah tingkat dimana informasi spasial pada peta tepat atau sesuai dengan kenyataannya disituasi nyata. Kemudian presisi mengacu pada tingkat pengukuran dan ketepatan deskripsi dalam basisdata SIG

Data yang sangat tepat atau sangat presisi tidak selalu berkorelasi dengan data yang sangat akurat atau sebaliknya. Akurasi dan presisi adalah dua pengukuran yang terpisah dan berbeda.  Tetapi, kedua pengukuran ini menentukan kualitas data spasial.

Untuk lebih mudahnya, kita berandai-andai begini, misalnya kita hendak membeli sandal jepit, ukuran kaki sandal jepit yang pas diketahui nomor 9. Setelah sampai ke toko yang menjual sandal jepit itu, ketemulah dengan sepasang sandal jepit nomor 9 dan kita beli. Ini berarti akurat dengan ukuran kaki. Tetapi berkaitan dengan presisi, mungkin di toko itu kita juga jumpa dengan sandal jepit nomor 9, tetapi selen alias, sandal untuk kaki kiri dan kanan, ternyata merknya beda atau bukan pasangannya, tapi pas dikaki. Ini berarti akurat tetapi tidak presisi bukan?.

Kondisi serupa bisa terjadi ketika hendak memilih seragam, atasan dan bawahan misalnya harus dengan warna yang sama, dalam hal ini katakana saja warna putih. Ukuran celana panjangmu adalah 30, kemudian atasan atau kemeja itu M. Di suatu toko, ketemulah celana panjang warna putih ukuran 30, tetapi disitu hanya ada kemeja warna putih dengan ukuran S, L dan XL. Ini berarti terkait presisi warna sudah tepat, tetapi masalah akurasinya tidak.  Sementara itu di toko lain, rekan kita ternyata tidak menemukan celana panjang dan kemeja sesuai dengan ukuran dan warna yang diharapkan. Dia tidak menemukan pakaian yang bisa dijadikannya seragam. Ini berarti dia tidak mendapatkan akurasi dan presisi dalam rangka mendapatkan seragam.

Terkait dengan kualitas data spasial, beberapa standard terkait data spasial ini telah ada SNI-nya, misalnya terkait jaring kontrol horizontal yang dapat di lihat disini. Tanpa adanya standard, masalah akurasi dan presisi ini tidak ada titik temu.

One Comment

  1. Roselyne says:

    Salam kenal mas, kalau yang versi developernya dmnaia saya bisa download? karena di link itu saya tidak menemukan versi dev, yang ada versi user. terima kasih infonya

Leave a Reply