5

Apr 13

Semangat GIS, Hidup dengan GIS

Kemarin secara tidak sengaja membaca artikel yang ditulis Brandon B. Brown yang dimuat disini. Akhirnya saya hanya bisa komentar itu inspiratif sekali. Ia menggunakan beberapa kutipan Zen, seperti :

“In all things, success depends on previous preparation, and without such previous preparation there is sure to be failure “,

“Water which is too pure has no fish”,

“Eliminate what does not matter to make more room for what does”,

“No flower ever sees the seed “,

dan lain sebagainya.

Setelah saya menelusuri, ternyata Zen itu adalah sebuah aliran dalam suatu agama. Lebih jelasnya ada disini. Saya tidak hendak membahas hal-hal spiritualnya. Ini terkait apa yang bisa saya dapatkan dari tulisan tersebut.

Yang bisa saya dapat dari tulisan Brandon itu adalah bagaimana seseorang bisa terinspirasi oleh sesuatu, kemudian mengimplementasikannya dalam kehidupan, pekerjaan dll. Sesuatu yang menurut saya tidak mudah. Misalnya begini, mungkin banyak yang bisa bertutur soal GIS, namun tak semuanya memiliki kemampuan menerjemahkannya dalam kehidupan sehari-hari. GIS sebagai tools untuk menyelesaikan problematika spasial. Dan, dari artikel Brandon itu, saya menarik pelajaran penting, sesuatu yang sederhana itu bisa menjadi sesuatu yang berguna. Yang rumit-rumit lagi sukar, belum tentu dapat berguna. Terakhir, saya menduga ia memiliki semagat GIS yang tinggi.., hidup dengan GIS..

No comments yet, be the first.

Leave a Reply