3

Nov 14

Ukuran dan Jenis Kertas Untuk Peta

Kali ini topik bahasannya adalah ukuran dan jenis kertas untuk peta.  Karena selain harus paham tentang warna, komposisi dll, seorang senimanpeta juga harus tahu ukuran dan jenis kertas sebagai media cetak peta-nya. Tidak perlu hafal semua ukuran kok. Paling tidak ada beberapa ukuran kertas ISO (standard internasional) yang perlu diketahui. Yaitu ukuran kertas ISO seri A. Itupun tidak perlu hafal semua kok. Yang perlu dihafal paling tidak 5 jenis ukuran kertas ISO seri A saja karena ukuran-ukuran itu sering digunakan. Sebut saja A0, A1, A2, A3 dan A4. Diantara ukurang itu A2 jarang sekali digunakan untuk printing dan jarang pula mencetak peta dengan ukuran lebih kecil dari A4. Yang paling sering digunakan untuk printing peta adalah kertas ukuran A0, A1, A3 dan A4. Seri A ini merupakan ukuran yang biasa digunakan untuk cetakan umum, perkantoran dan penerbitan.

Sebut saja A0 menjadi ukuran paling besar yang dapat diakomodasi printer atau plotter yang ada. Kemudian disusul oleh ukuran A1. Kantor-kantor yang mempunyai divisi perpetaan, biasanya memiliki plotter yang dapat mengakomodasi ukuran A0 dan A1 biar tidak repot. Kalau tidak punya biasanya harus melalui jasa provider jasa percetakan. Nah, untuk ukuran kertas A3 dan A4 printing biasa dapat dilakukan sendiri karena printer untuk mengerjakannya harganya relatif terjangkau sekarang. Peta-peta yang dicetak pada ukurang kertas A4 dan A3 biasanya digunakan sebagai pendamping laporan, album peta atau dokumen, karena ukurannya relatif kecil bisa sekaligus di jilid menjadi satu dengan naskah. Contohnya peta A4 yang dilampirkan pada naskah skripsi, tesis maupun desertasi. Atau, album peta ukuran kertas A3 dengan desain yang kompak. Sedangkan ukuran yang lebih besar seperti A0, A1 dan A2 biasa digunakan untuk peta dinding, untuk survei detil atau dokumen standar yang rinci menggambarkan informasi dsb.

Berikut ukuran kertas seri A yang telah saya sebutkan dimuka:

A0 → 841 mm x 1189 mm

A1 → 594 mm x 841 mm

A2 → 420 mm x 594 mm

A3 → 297 mm x 420 mm

A4 → 210 mm x 297 mm

Nah, mudahnya setiap angka setelah huruf A, menyatakan setengah ukuran dari sebelumnya. Misalnya ukuran kertas A1. Itu berarti ukurannya adalah ½ dari ukuran kertas A0. Ukuran A3 adalah ½ dari ukuran A2. Demikian.

Kemudian selanjutnya terkait jenis kertas. Yang sering digunakan untuk mencetak adalah Uncoated Paper. Kertas yang termasuk kategori  Uncoated diantaranya adalah kertas HVS, HVO, kertas koran, dll. Uncoated mempunyai sifat dengan daya penyerapan yang besar pada tinta dan hasil cetak tidak mengkilap (tidak glossy). Nah jenis kertas yang sebaliknya lazim disebut sebagai Coated paper. Jenis kertas yang termasuk coated antara lain : Art paper, coated paper,mat coated, cast coated, art karton, coated karton. Kalau mencetak brosur, flyer biasa di kertas jenis coated ini. Permukaannya halus dan mengkilap. Jenis-jenis kertas tadi bervariasi harganya. Penerapannya adalah menyesuaikan kebutuhan. Maksudnya antara lain adalah jangan mencetak dikertas coated untuk peta tentatif yang cuma mau dibuat survei, karena nanti masih dicorat-coret.  Tidak hemat biaya namanya.

No comments yet, be the first.

Leave a Reply